Selasa, 17 Februari 2015

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Haii sobat semua..!! Selamat datang di http://informasiseputarginjal.blogspot.com/ disini saya akan membahas tentang cara mencegah penyakit ginjal. Selamat menyimak..

Ginjal merupakan organ yang memfilter zat yang tidak berguna dalam tubuh. Jika ginjal tidak sehat maka akan sangat berbahaya bagi tubuh secara keseluruhan. Jika seseorang menderita gagal ginjal, selain tranpalasi, satu-satunya cara agar dapat bertahan hidup adalah dengan cuci darah. Namun cara ini masih kurang berhasil dalam memperpanjang usia penderita.

Oleh karena itu sebelum kita semua terkena penyakit ginjal ada baiknya kita melakukan pencegahan karena "Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati".. Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara mencegah penyakit ginjal. Untuk itu langsung saja kita ke TKP.. hehe

1. Perbanyak minum air putih
Untuk menjaga ginjal agar tetap berfungsi dengan baik, salah satunya dengan memperbanyak minum air. Karena itu, kita dianjurkan minum air sebanyak 10 gelas (kurang lebih 2000 ml) per hari. Gunanya agar ketersediaan air dalam tubuh terpenuhi, sehingga volume darah dalam tubuh cukup. Jika volume darah cukup, maka aliran darah ginjal menjadi baik. Dan jika aliran darah ginjal baik, maka kerja ginjalpun juga akan baik. Selain itu, pasokan air yang cukup akan membantu menjaga terpeliharanya laju penyaringan (filtrasi) ginjal. Hal ini akan menghalangi penumpukan kristal – kristal yang dapat berpotensi membentuk batu ginjal serta akan memperbesar tekanan alir, sehingga akan memperlancar pembuangan racun – racun (zat – zat tidak berguna) dalam tubuh.

2. Olahraga Secara Rutin dan Teratur
Para ahli dan peneliti yakin bahwa obesitas sangat terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal terkait. Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat. Berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, Anda akan selalu merasa segar dan aktif. Berikut lebih lanjut tentang bagaimana obesitas dan penyakit ginjal terkait.

3. Berhenti Minum Alkohol
Menghindari atau berhenti minum alkohol dapat mengurangi ketegangan pada ginjal. Minuman alkohol memaksa ginjal bekerja keras, sehingga menghindari alkohol dapat mencegah terjadinya gagal ginjal.

4. Berhenti merokok
Asap rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal. Jika Anda berhenti merokok, selain dapat mencegah terjadinya gagal ginjal, juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Pemeriksaan Darah dan Urin
   
Kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan darah dan urin secara rutin. Pemeriksaan ini akan melihat adanya masalah pada ginjal yang muncul meskipun tanda dan gejalanya belum nampak atau dirasakan.

6. Mengontrol Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi kronis merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya gagal ginjal akut pada laki-laki dan perempuan dewasa.

7. Mengurangi Makanan yang Mengandung Lemak
Lemak sendiri dianggap sebagai menyuplai penyakit kolesterol dalam tubuh dan dapat mempengaruhi ginjal karena darah yang meningkat

Itulah beberapa cara mencegah penyakit ginjal,, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar